Monday, January 4, 2016

Macam-Macam Orang Jualan Online

Kali ini saya akan membahas bisnis, karena tanpa bisnis, kita bakal habis ... uang di dompetnya hahaha
Ngomongin soal bisnis, jaman sekarang udah gampang kalau mau bisnis, tinggal foto dikit cekrek, senyum dikit cekrek, narsis dikit cekrek, upload dah, udah tinggal nunggu aja gampang. Beda sama dulu mah mau bisnis apalah kudu nyiapin inilah itulah tidak ada modal lah kurang modal lah, pokoknya banyak dah alesannya. Nah sekarang masalah itu bukan menjadi masalah penting bagi pelaku bisnis, semua barang, pokoknya apa saja bisa dibisnisin kalaupun perlu modal gede juga bilangnya tinggal minjem ke temen atau ke ortu atau ke saudara nanti keuntungannya dibagi, segampang itu bisnis di zaman modern ini.
Jadi sekarang istilahnya jualan online lah, "ngelapak virtual" keren kan, itu bahasa kerennya, iya bener kan ? iya ajasih yah whahaha, kita kalau jualan pasti ngelapak gelar tiker sambil teriak-teriak "yaak sayang kamu sayang kamu iyaa kamuu" *eh agak baper  -_- haha ya begitulah ya kan.

image from another planet

Sekarang jamannya online guys, tinggal posting barang (foto barangnya yang dijual, trus upload di forum, sosmed atau website jual beli) lalu kontekan ketemuan, deal dan istilahnya COD an gitulah, dan juga media sosial atau sosmed juga jadi tempat ngelapak semisal facebook atau IG (instagram) jadi pilihan alternatif pebisnis online.
Tapi walau memang mudah dan praktis jualan online tidak menutup kemungkinan banyak nya penipuan online yang banyak terjadi, mungkin kareana orangnya tidak teliti, atau memang lagi apes atau memang lagi ada kesempatan, semua bisa terjadi.
Tapi bukan itu yang saya bahas dalam postingan ini, tetapi macam-macam sifat pebisnis yang saya temui di berbagai sosial media atau forum jual beli online yang tak kalah "oke" nya dengan trend masa kini, emang apa saja ? oke saya beberkan semuanya tapi dengan satu syarat, hahaha canda!

Berikut macam-macam pebisnis online yang pernah saya lihat

1. Bisnis dengan ramah dan santai
Banyak ditemui di jagat online ini, dengan ramah juga santai bahasanya membuat kita berhenti sejenak untuk melihat barang dagangannya, yah walau ujung-ujungnya kita tidak membeli barangnya, mereka tetap ramah dan santai menanggapi ocehan kita, yang malahan kita yang jadi tidak enak sendiri kalau tidak beli barang daganngannya. semisal : "hayu sista di cek IG kami, bisa pilah pilih tawar juga boleh kalau menarik bisa invite pin bb kami ya"

2. Bisnis dengan ramah namun agak memaksa
Ini sedikit sama dengan point pertama namun ya seperti yang saya katakan, disini agak memaksa, kenapa mereka berani memaksa ? banyak alasannya seperti : mungkin barangnya masih banyak stock nya agar cepat laku, atau karena lagi butuh, harga berapapun jadi, atau emang itu dibisnisin dengan teman sendiri, nah yang ini biasanya sering "vroh beli nih barangnya udah murah, lagi promo wih yah"

3. Bisnis dengan promo atau melalui artis
Yak, namanya bisnis online juga perlu promo, agar barangnya cepat laku dan terjual walau bukan branded tersohor tetapi kalau itu barangnya sudah ada yang pakai seperti artis lah contohnya, barang otomatis sudah terpromosi, keren nih dipake artis. Oh iya trend ini bukan hanya artis saja tetapi biasanya model atau perorangan yang di sosmed nya banyak followernya atau emang itu cantik, biasanya sih cewek cantik, jarang dah kalo cowok, kecuali artis hahaha. Istilah ini yang disebut Endorse, yaitu pihak pedagang mempromosikan barangnya dengan cara memberikan sample gratis kepada pelaku yang mempromosikan, dan dengan kesepakatan kedua belah pihak, entah hanya dengan memberikan sample barangnya atau dengan membayarnya. Banyak ditemukan di medsos IG nih model endorse begini, ada tulisan di bionya semisal : "Endorse, CP blablabla" Cukup menarik bukan ?

4. Bisnis santai tapi kelewatan santainya
Sama dengan point pertama, mereka semua ramah namun kelewatan, bukan kelewatan ramahnya, tapi kelewatan banget dah, promosiin barang dimana-mana sampe ada berita yang nyeleneh pun mereka nongol ikut komentar tapi dengan embel-embel lah, semisal ada berita yang menyankut sara eh mereka nongol, contohnya : "buset itu penistaan, ini salah pemerintah blablabla ..... tapi jangan kepancing emosi yah gan/sista yuk cek dulu IG kami untuk koleksi bajunya" faaaakk men 

5. Bisnis setengah-setengah
Pernah liat orang model begini ? sebenernya kesel gak sih liat orang jualan begini ? yak model begini nih tidak niat jualan, yah namanya jualan online kudu jelas gitu, banyak ditemukan di forum jual beli, biasanya mereka punya akun yang alakadarnya, posting barang saja, lalu buat apa ? tidak ada kejelasan, masih kurang paham ? begini penjualnya :
"posting di sosmed, upload dengan foto barangnya lalu dengan caption 'minat PM aja' (Private Message) " ajegila dah jualan nanggung terus tidak jelas, pas di kontek lewat pm eh malah nambah-nambah lagi "sms aja gan jarang online soalnya" itu padahal belum tau harganya, mau nanya harga juga ribet ya setengah-setengah bisnisnya, atau niat tidak niat jualannya.

6. Bisnis setengah-setengan tapi pengen cepet laku ditambah tidak santai
Sifatnya sama kaya nomor diatas yang ini nih yang bikin saya kesel plus jengkel jadinya kalo nemu orang bisnis begini, ya kasusnya sama seperti diatas : "posting barangnya dengan tambahan caption BU gan pm aja" BU alias "butuh uang" nah ini udah setengan setengah terus pengen cepet juga tapi malah tidak jelas yang bikin malah makin tidak efektif, dan pada akhirnya si pembeli juga bertanya via pm "gan pas nya berapa, terus kondisi gimana" yang pada akhirnya tidak ada kejelasan tidak jadi beli barangnya, ini masih mending kalau penjualnya model nomor 1 tapi ini malah tidak santai bos, ujung-ujungnya ngomel : "Poslang (posting ulang maksudnya) kemaren php banyak tanya, yang serius aja minat pm, php mati aja, kelaut aja, apalah segala tetekbengek pokoknya" Tidak recommend lah untuk nomor 6 ini, wajar pembeli banyak tanya kenapa karena tidak ada kejelasan dalam barang yang diperjual belikan, karena hukum jual beli itu sudah jelas "kedua belah pihak setuju dan tidak saling merugikan" jadi harus sudah ada persetujuan.

Nah tips saya nih buat pelaku bisnis yang lagi trend sekarang :

- Gunakan bahasa yang santai dan mudah dipahami
- Selalu jaga emosi dan ucapan ketika berbicara dengan pembeli / penjual
- Buat semenarik mungkin promosi barang yang ingin dijual
- Pilih jasa pengiriman yang terpercaya atau ketemuan langsung jika masih dalam cakupan wilayah si penjual/pembeli lebih baik
- Jika anda memposting barang di sosial media, tulis dengan jelas dan sedetail mungkin dari mulai harga, kondisi dan orang yang bisa dihubungi
- Tetap hati-hati dalam berbisnis online, namun tidak perlu ragu juga dalam membeli, semua ada resikonya
- Masih tidak mau nurut ? Kelaut aja hahaha :PEACE ^^v

2 comments:

  1. yauis sambil baca diseruput dulu kopinya mbah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan sambil baca di seruput kopi nya juga, biar dapet inspirasi baru :D

      Delete