Friday, November 6, 2015

Pengalaman Gue sama MLM

Gue mau sedikit sharing sekaligus cerita tentang pengalaman gue menyangkut MLM nih, Ada yang tau apa itu MLM ? kalo kamu pengen cepet kaya mending ikut nih MLM hahaha, MLM itu jenis bisnis dalam bidang marketing atau penjualan tapi system nya menggunakan affilasi yaitu mengundang jadi member lalu begitu seterusnya, sesuai dari singkatannya yaitu “multi level marketing” (MLM) apa aja sih yang biasa di bisnisin di MLM itu ? kebanyakan yang dijual yaitu barang/produk seperti obat-obatan kesehatan atau produk kecantikan.

Nah disini yang pernah kenal gue kenal di MLM ini yaitu produk obat-obatan, yah merek pasaran lah, kalau yang pernah ikut atau terjebak, hahahaha pasti tau apa mereknya, disini gue gak mau nyebut mereknya apaan nanti dikira mencemarkan nama baik, and keep professional guys hehehe…
Ya malem itu gue di kontek temen gue, temen lama gue dan ternyata entah gue juga gak ada feeling apa-apa yang jelas gue masih polos lah waktu itu, tumben-tumbenan nih orang message gue di facebook nawarin kerjaan yak an oke-oke aja kalau gue terus ya ngajak ketemuan nentuin tempat dimananya, oh iya ini kejadian kurang lebih 2-3 tahun yang lalu dan gue agak-agak ya ceritanya, tapi masih teringat jelas di otak gue sama nih MLM.

Foto diatas cuma ilustrasi aja, jangan dianggap serius karena gue bukan anggota MLM hahaha 

Awalnya dia ngasih tau sana-sini blablabla gitu ke gue sambil bawa brosurnya, dia juga bawa temennya ngakunya sih dia ikut juga ya diceritain juga dia sebagai leader gitu dan temen gue membernya dan kalau ikut gabung janji bakal terus bantu sampe tingkat atas gitu deh, nah disitu gue penasaran sekaligus tertarik, karena pas itu gue belum kenal si MLM ini nih, (makanya kenalan dong, ciyeeee) fakk -_- itulah kenalan yang bikin gue agak sengab whahaha, kembali ke topik guys!

Oke akhirnya dengan beberapa jurus jitunya mempengaruhi gue suru ikut tuh program yang ditawarin dan parahnya gue juga ikutan tertarik hahaha, tapi gak nyampe situ guys, dan kita ngobrol tuh selama perjalanan menuju tempat itu dan untuk menjelaskan produknya, sebutan kerennya kita di prospek masalah program MLM itu.

Pas ditempat itu segala dijelasin kita harus punya anggota sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan hasil yang lumayan dan untuk biaya awal yang lumayan gede lah menurut gue pada waktu itu dan disana gue engga sendirian, banyak member-member gitu disana sambil teriak "Dahsyat-dahsyat" gitu dah, anjiiir lah.... gue yang baru pertama kali denger ginian dateng ketempat model gitu ya di prospek gitu serada aneh, dalem hati gue ini orang kenapa? teriak-teriak begitu, apa kena pengaruh iluminasi konspirasi wahyudi  atau apalah, sambil browsing di web tentang produk dan bisnis yang lagi di jelasin di depan sama tuh orang, search search search dan gue liat ada alamat web nya dan ketika gue liat malah gak ada lah terus banyak web abal-abal gitu dalam pikiran gue kok gak jelas amat ini, disitu gue udah mulai curiga ini bisnis macem apa cuma sekedar "begitu" tapi penghasilan berjuta-juta sampe puluhan juta dalam waktu 1 bulan atau bahkan beberapa minggu aja, eiits gue selama disitu di prospek gitu lah yaaa gak ada yang nyangkut di otak gue dan gak ada tertariknya gitu lah, gue pura-pura iya aja, padahal udah males mau dengerinnya bhahaha.

Lagian syaratnya juga ribet kudu punya rekening bank lah terus duit awalnya lumayan lah, (waktu itu gue belum punya rekening bank juga sih) ya mungkin gue bisa aja ikut tapi ya karena gue gak punya syarat diatas jadi gak ikut whahaha, enggalah guys gue udah males sama bisnis gitu, selama beberapa jam di prospek akhirnya gue pulang sekalian nganter temen gue itu yang udah ikut MLM ngobrol sana-sini lah udah males ngeladeninnya tapi ya gue tetep ngeladenin aja, ya namanya temen engga enak juga kalo dia ngomong gak ditanggepin ngobrol sendirian, ntar dikira gue ngbonceng orang gila lagi hahaha canda lah :p jangan dimasukkan kedalam daftar kebencian lu ya temen, tapi ini temen gue entah kemana dah gak ada kabarnya tuh selama ini, entah udah sukses sambil pake jas foto di depan mobil orang atau apalah *eh hahahaha.

Alhamdulillah sampe sekarang gue gak terjebak dengan dunia MLM itu sendiri, karena pikiran gue masih normal :3 ya masih normal gitu laaah, gak mudah tergiur dengan bisnis instant, yang namanya rezeki itu butuh usaha dan yang pasti terlihat jelas, engga sekedar, "hallo, ketemuan, kejerumus, kepincut *eh :p " tapi pada akhirnya itu juga jadi pilihan orang-orang mau bagaimana mereka menentukan keberuntungan dalam bisnisnya, ada jugan nih, kadang gue juga kasian sama yang ikut model begitu, apalagi waktu itu ada juga kan bisnis "ngelem teh" lah hahaha anjir lah kerja macam apa itu ngelem teh, untung bukan ngelem aibon macem berita-berita gembel ngelem whahaha...

Iya itu orang yang ikut model begitu ada pernah gue liat di lampu merah sambil nyebar-nyebarin fotocopyan yang pas gue baca itu tentang bisnis ngelem teh itu, kasihan sih kenapa kasihan ? ya gue liatnya kasihan mereka yang menurut gue itu mereka tertipu sama bisnis model begitu yang merugikan mereka juga dengan embel-embel gampang nyari duit tapi itu sebenernya trik permainan kata aja yang bikin orang tergiur buat ikut, padahal kalau dibaca dengan teliti malah ya gitu deh akhirnya.

Sekian dah salam sukses :D

1 comment: